TATA CARA POSTING

Berisi aturan yang harus dibaca oleh semua anggota, baik anggota baru dan lama tentang tata cara posting yang baik di forum ini

Moderator: Moderators

User avatar
willy
Site Admin
Site Admin
Posts: 7486
Joined: Tue Jul 13, 2004 5:04 pm
Location: Indonesia
Contact:

TATA CARA POSTING

Postby willy » Fri May 11, 2012 9:13 am

Harap diperhatikan bagi semua anggota baru maupun lama tentang tata cara posting yang baik dan benar

1 Cari Sebelum Posting
Cari di arsip forum.linux.or.id dan Google sebelum memposting pertanyaan. Bisa jadi pertanyaan Anda sudah pernah ditanyakan sebelumnya dan sudah ada solusinya. Anda dapat menggunakan fasilitas search dan advance search di sebelah kanan atas halaman forum

2 Pertanyaan baru membutuhkan thread baru
Jangan menambahkan pertanyaan baru di thread yang sudah ada, lebih baik membuat thread baru! Ini akan mempermudah anggota lain untuk memberikan dukungan. Selain itu, hal ini juga dapat dianggap tidak sopan ketika menambah pertanyaan (yang tidak berhubungan) di sebuah thread yang dimulai oleh anggota yang lain.
Jangan membangkitkan thread dukungan yang sudah usang, informasi yang ketinggalan jaman berpotensi menyebabkan masalah dengan rilis baru.

3 Pasang Thread di Tempat yang Sudah Disediakan
Posting ke bagian tertentu dapat mempermudah orang lain untuk memberikan bantuan dan untuk pencarian berikutnya . Misalnya, jika Anda mengalami masalah mengenai Debian, posting ke "Debian Linux Support" bukan ke "Ubuntu Linux Support".

4 Gunakan Judul yang Informatif
Gunakan judul yang spesifik. Jangan gunakan judul seperti: "butuh bantuan agan" sekalian" atau "help! para master!!". Sebaliknya, membuat judul yang mendefinisikan masalah secara jelas dan ringkas seperti, "Kernel Panic: Wifi Intel 3945AGN". Sebuah judul yang jelas akan menarik lebih banyak anggota lain untuk membantu.

5 Rincian! Rincian! Rincian!
Sertakan versi distro yang dipakai dan arsitektur (32-bit, 64-bit) dari sistem operasi yang digunakan.
Sertakan pula daftar perangkat keras yang relevan atau spesifikasi perangkat lunak. Hasil dari perintah sejenis "inxi ", "lsusb", atau "lspci" dapat pula disertakan. Jika Anda memiliki tampilan pesan kesalahan, sertakan juga didalam posting Anda. Apabila hasilnya terlalu panjang, silahkan menggunakan layanan seperti pastebin.com.

6 Gunakan Font default dan Warna
Penggunaan bold dan italic dapat membantu menyampaikan makna dalam tulisan - tetapi gunakan secara wajar
Hindari menggunakan huruf kapital pada posting - ini memberi kesan bahwa Anda berteriak. Hindari juga penulisan bahasa alay. T1d4k M3nYenaGK4n t0h M3mB4ca 7uL1s4N S3PErtI In1?
Hindari jargon dan slang, tulis dalam bahasa Indonesia yang sederhana.

7 Jangan Cross-Posting
Jangan membuat thread yang sama di beberapa sub-forum. Cross-posting membuat pengguna lain kesulitan mendapatkan informasi yang menyeluruh

8 Tunjukkan Bahwa Thread nya Terselesaikan
Bila masalah yang tertulis telah teratasi, harap edit posting asli dengan menyertakan <SOLVED> atau [terselesaikan] dalam judul. Hal ini memberikan indikator yang baik untuk pengguna lain dengan masalah yang sama untuk belajar. Pastikan solusi yang berhasil untuk Anda ditunjukkan dengan jelas, terutama jika ada lebih dari satu solusi yang diusulkan. Jika solusi Anda datang dari luar forum akan lebih baik jika memposting link untuk itu. Petunjuk sederhana ini akan membantu pengguna lain memecahkan masalah yang sama.

9 Sundul!
Posting satu kata untuk menyundul thread tidak terlalu direkomendasikan. Cobalah untuk meneliti masalah dan bersabar untuk mendapatkan solusi.

10 Laporkan Bad Post
Staff forum tidak bisa memoderasi setiap post dan pesan, kadang ada beberapa posting yang terlewat. Jika Anda melihat posting yang melanggar peraturan forum, silakan buat laporan. Thread dapat dilaporkan dengan mengklik tanda seru "!" pada tombol pilihan untuk posting.

11 Kita Semua Pernah menjadi Newbie
Kita semua menjadi pemula untuk GNU / Linux. Beberapa anggota (mungkin) lebih sulit untuk dibantu daripada yang lain, namun tetap harus dihormati.
Asumsikan pengguna merupakan newbie kecuali dinyatakan lain. Berikan petunjuk rinci dan hindari penggunaan jargon teknis, atau bahasa slang
Jika Anda tidak yakin terhadap instruksi Anda, atau petunjuk tersebut berisiko - beritahu anggota yang bersangkutan.

12. Fokus pada GNU/Linux
Dilarang memposting informasi yang terkait dengan SARA, memancing konflik (flame war), atau menghina individu tertentu. Sanksi tegas akan langsung diberikan apabila ada yang melanggar, yaitu pencekalan secara permanent
Willy Sudiarto Raharjo

Return to “RULES”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest